Sunday, October 25, 2015

Cara Merawat Kain Sulam Pita


Kain Sulam Pita adalah kain yang disulam dengan menggunakan Pita dan Benang Sulam sebagai medianya dijahitkan di kain dengan membentuk  motif tiga dimensi berupa daun dan bunga bunga sehingga kain menjadi lebih cantik, lebih berseni, bebeda dan indah bila dipakai.

Cara untuk merawat kain sulam pita agar tetap sulaman menjadi awet dan tidak mudah koyak atau rusak, tidak memerlukan biaya yang mahal dan amat mudah sama seperti dengan perawatan kain lainnya.

Pencucian Kain Sulam Pita tergantung dari jenis kain yang digunakan untuk menyulam.  Untuk Pencucian Kain Sulam Pita tidak disarankan menggunakan mesin cuci.  Jadi lebih baik dicuci dengan tangan dan menggunakan detergen secukupnya.

Pengeringan Kain Sulam Pita setelah dicuci, cukup digantungkan dengan menggunakan hanger serta tidak langsung terkena sinar matahari agar kain lebih awet dan tidak mudah pudar warnanya.

Penyetrikaan dapat dilakukan sama seperti menyetrika kain lainnya.  Hanya saja bagian yang disulam tidak dapat disetrika karena dikhawatirkan akan merusak sulamannya sendiri, atau bisa juga dengan menggunakan Setrika Uap.

Untuk penyimpananya dapat dilipat kainnya tetapi bagian yang disulam tidak terkena lipatan atau lebih baik lagi disimpan dengan cara digantungkan dengan mengunakan hanger.

Demikian cara merawat kain sulam pita mudah perawatannya kan??.....



No comments:

Post a Comment

Layanan Pelanggan SMS/WA

ke 085782543864

Pin BB : 5E789A31