Tuesday, November 20, 2012

BROSS SULAM PITA

Cara Membuat Bross Sulam Pita

Sisa-sisa kain yang ada dirumah kita sebenarnya bias kita manfaatkan loo daripada dibuang sayang jadi sampah lebih baik kita karyakan menjadi berbagai macam aksesori seperti salah satunya bross. Nah kali ini saya akan menceritakan bagaimana caranya membuat bross cantik dengan aplikasi sulam pita dengan memakai bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan.

Apa-apa saja sih yang diperlukan untuk membembuatnya sebagai berikut :

1. Sisa kain yang tidak terpakai. Kain apa saja bias digunakan asal kainnya tidak terlalu tebal sekali dan dapat dilalui pita.

2. Pita Satin, Organdi.

3. Pembidang.

4. Bekas tempat pita untuk membuat rangka bross dengan diameter sekitar 6 cm.

5. Karton.

6. Gunting.

7. Jarum Sulam.

8. Payet (sebagai tambahan variasi sulaman).

9. Benang Jahit.

10. Benang Sulam.

11. Kain Flanel untuk menutupi bagian belakang Bross.

12. Peniti Bross.

13. Renda untuk menghias bross agar lebih cantik.

Langkah Pertama. Buat lingkaran-lingkaran pada karton dengan menggunakan bekas tempat pita sebagai ukuran bross yang akan dibuat, lalu digunting. (1 buah bross dibutuhkan 2 buah cetakan lingkaran karton).



Buat lingkaran juga di kain dan buat pola sulaman dengan menggunakan pensil. Kemudian Kain disulam sesuai dengan sulaman yang diinginkan.

Setelah kain selesai disulam kemudian kain digunting dengan dilebihkan sekitar 2-3 cm untuk jahitan kemudian dibentuk lingkaran dengan menggunakan karton dan dijahitkan. Kain Flanel digunting dan dibentuk lingkaran dengan menggunakan karton lalu dijahitkan.



Kedua lingkaran/bakal bross kemudian disatukan, lalu dijahitkan dan diantara kedua bross tersebut disisipkan renda lalu di jahit dengan benang jahit agar lebih kuat. Setelah selesai semua, maka dibagain belakang flannel dipasang penti bross lalu dijahitkan.

Bross yang cantik dan beda sudah siap…

No comments:

Post a Comment

Layanan Pelanggan SMS/WA

ke 085782543864

Pin BB : 5E789A31